BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DAN MUTASI SEMARANG

Tidak perlu lagi anda menggunakan jasa calo yang tidak jelas asal usulnya. Anda bisa mengurusnya sendiri tanpa harus mengandalkan calo/ biro jasa (Biar tahu mekanisme yang sebenarnya).Namun, bila anda tidak mau repot dan punya uang ekstra untuk memberi komisi kepada si “Calo” yahh… boleh juga sekali2 beramal kepada orang lain.
berikut adalah mekanisme Balik nama dan Mutasi Luar Daerah. (direkomendasikan untuk kendaraan bermotor yang berasal dari daerah semarang, namun ungin dimutasi ke luar kota).

1. Datang saja ke SAMSAT Semarang sesuai pemilik kendaraan tersebut terdaftar sebagai wajib pajak. di semarang ada 3 kantor wilayah SAMSAT (Jangan sampai salah masuk yaa!!!).

2. sediakan berkas dan fotocopynya (Berkas= BPKB Asli, STNK Asli, KTP Pemilik Baru, Kuitansi pembelian kendaraan bermeterai Rp6.000,00). Kalau anda memfotocopy di kantor samsat, biasanya si tukan fotocopy udah tahu. bilang aja kalau mau Balik Nama & Mutasi Kelar Daerah. Biasanya untuk semua berkas, anda akan dikenai biaya Rp.10.000,00

3. Serahkan berkas tersebut di loket dimana anda akan mendapat bukti pendaftaran pembayaran pajak. (di loket ini anda tidak dikenai biaya). Jika kendaraan anda dalam keadaan ter “BLOKIR”, minta petugas di loket Fiskal untuk membuka blokiran kendaraan anda (STNK anda akan diberi cap “SUDAH DIBLOKIR, HARUS BALIK NAMA”).

4. lakukan cek Fisik terhadap kendaraan anda (Cek Fisik= mengecek validasi nomor rangka dan nomor mesin, jadi kendaraan harus dibawa, jika kendaraan tidak bisa dibawa, lakukan cek fisik di SAMSAT TERDEKAT).

5. Serahkan Hasil Cek Fisik ke loket CEK FISIK dan tunggu antrian anda selanjutnya. (sampai disini masih gratis, tapi kalau cek Fisik menggunakan Stiker Dari Polisi akan dikenai biaya 15.000).

6. Datangi gedung arsip (biasanya di belakang gedung pembayaran pajak untuk meminta arsip tentang kendaraan yang akan anda mutasi (gratis..).

7. Kemudian anda akan diminta untuk mengambil berkas anda di DILANTAS POLDA JATENG yang ada di jalan pahlawan. masuk saja ke gedung tersebut, isi buku tamu, kemudian naik ke lantai 2 dan bertemu dengan BAPAK IRFAN (kalau belum ganti…). Anda akan diminta menunjukkan BPKB Asli. kemudian tanda tangan di balik sebuah formulir.)

8. Setelah berkas divalidasi, daftarkan berkas anda ke loket MUTASI KELUAR. disana anda akan diberi formulir dan anda diminta untuk mengisi formulir tersebut, sesuai identitas pemilik baru kendaraan bermotor. nah di loket ini, anda akan ditanya apakah anda membawa uang? (jangan berfikiran negatif dulu, yang nanya POLWAN kok, dengan ramah tentunya). untuk mencabut berkas kendaraan, anda akan dikenai biaya Rp280.000,00–> untuk mobil. kalau untuk motor tentunya lebih murah.

8. setelah itu, daftarkan berkas anda di LOKET PENETAPAN. di sana anda akan mendapat nomor antrian.

9. setelah nomor antrian di panggil, bayar di kasir sesuai jumlah JASA RAHARJA yang ada di STNK. Untuk Mobil biasanya Rp143.000,00

10. Kemudian masuk ke ruang Fiskal untuk mendapat tanda bukti pembayaran pajak. Untuk SAMSAT SEMARANG I ada di lantai II.

11. setelah turun ke bawah, anda harus mengesahkannya di LOKET JASARAHARJA dekat KASIR. (Dengan Pak IMAM… (kalo belum Ganti).

12. Proses Pencabutan Berkas Sudah Berakhir, kemungkinan anda akan diminta untuk mengambil berkas anda yang baru beserta surat pengantar di DILANTAS POLDA kira-kira 3 (tiga) minggu setelah hari itu.

13. Setelah Berkas anda Ambil, Daftarkan Berkas tersebut ke SAMSAT TUJUAN anda, seperti anda mendaftarkan kendaraan baru. tentunya anda hanya akan dikenai Biaya:
a. Balik Nama.
b. Pajak Tahunan.
c. TNKB Baru.
d. STNK Baru.

Mengurus Sendiri, akan Lebih Mudah dan Murah, anda cukup meluangkan waktu 2 Jam saja. Biaya untuk mobil = 10.000 + 15.000 + 280.000 + 143.000 + ongkos anda bolak-balik sendiri + parkir. itung sendiri yah… yang jelas lebih murah daripada harus lewat Calo…

“GERAKAN ANTI KORUPSI…”

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

24 Responses to BALIK NAMA KENDARAAN BERMOTOR DAN MUTASI SEMARANG

  1. roy says:

    thanks banget infonya pak..sangat membantu,sejauh ini baru habis biaya 274.000,tinggal nunggu pengambilan berkas ke Polda Jateng 3 minggu lg katanya,mudah2an biaya proses di Polda Jateng tdk berubah/naek, matur nuwun pak,memang lebih baek diurus sendiri,kita jd paham,lbh mudah n murah kok..btw berkas2 asli saya msh di Samsat bener gak ya?mdh2an sih aman2 saja..

  2. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    Pak Roy:

    Betul apa yang disampaikan pak Roy, untuk dapat pengetahuan mengenai suatu hal, kita memang harus berkorban untuk mencobanya sendiri. waktu mengurus saya bertemu dengan ibu2 sekitar 47th. dia mengurus sendiri berkas sepeda motor milik anaknya karena akan pindah ke Surabaya. dia juga sependapat dengan anda, bahwa intinya dia jadi lebih paham, dan ternyata tidak sulit.
    kiranya semakin banyak rekan-rekan yang mengikuti jejak kami…
    buat para pemilik jasa pengurusan STNK, jika ambil untung jangan banyak2, supaya pemilik kendaraan juga ikhlas meminta bantuan anda.
    terima kasih…

    ~DM~

  3. antok says:

    numpang ni pak…
    sepengetahuan saya, 3 bulan yang lalu saya pernah cabut berkas mobil yang saya bayarkan cuman di petugas polisi 100.000,- ( terpampang pak di papan sesuai dengan PNBP) dan 25.000,- untuk fiskal ( di petugas dispenda ), jadi semua cuman 125.000,-. waktu itu kendaraan saya masih berlaku masa pajaknya jadi tidak dikenakan asuransi jasa raharja. untuk di daerah selanjutnya baru saya melakukan pembayaran BBN-kb, pkb, jasa raharja stnk dan tnkb( kendaraan tersebut saya jual ke orang ).terus 280.000,- biaya apa saja itu pak. berarti lain wilayah lain peraturannya atau kebijaksanaan. saran saya, alangkah lebih baiknya minta bukti pembayaran ( kwitansi ) resmi.

  4. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    Betul pak, seharusnya memang menggunakan tanda terima. masalah yang 280rb itu saya juga masih kurang jelas. kata mbak polwannya itu untuk biaya cabut berkas. berarti yang harus kita lakukan adalah meminta tanda terima setiap transaksi pembayaran. terima kasih atas sarannya.

    ~DM~

  5. Monik's World says:

    setelah berkas diterima dan dimasukkan ke samsat tujuan, di samsat tujuan itu prosesnya berapa lama sebelum kita bisa menerima stnk dan bpkb yang baru? makasih

  6. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    untuk STNK dan TNKB baru, bisa satu hari jadi, namun untuk BPKB baru sekitar 2 minggu.

  7. dimas says:

    klo no mesin ga sama dengan di bpkb…tp itu kesalahan penulisan di bpkb dr awal…gmna proses ralatnya, thanks

  8. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    itu mobil tahun brapa pak? mungkin kalau mobil baru masih bisa di urus, datang aja ke samsat dimana mobil itu didaftarkan, kemudian cek fisik kendaraan ke data elektronik, kira2 kesalahan penulisannya banyak atau cume beberapa digit saja?

  9. yeriko says:

    keren gan… lanjutkan!!! mau tau info-info yang menarik??? kunjungu my blogs day. atau mau tau info tentang travel, tiket pesawat dan hotel di indonesia kunjungi visit asia

  10. Anonymous says:

    Wah waaah.. hr selasa yll saya ke Samsat Semarang yg di jln Setiabudi utk cabut berkas mobil kakak yg mau di mutasi ke Bandung. Wkt saya tanya berapa biayanya, petugas saat itu (pak Ambo) ketak ketik kalkulatornya trus nunjukin ke saya jumlahnya 768 alias 768,000. Saya curiga dia main seenaknya nambahin angka di kalkulator dan tanpa menyebutkan jumlahnya (mungkin takut didengar petugas sebelahnya), dia hanya menunjukkan kalkulatornya. Hmmm…apa mentang2 saya cewek ya?! Help… gimana nih? saya ga mau dipersulit, tp tentunya saya jg ga mau diperas. Semua berkas sdh masuk samsat, tinggal nunggu 1 surat laporan lg + uang pembayaran yg diminta, sblm katanya bs diproses lanjut. Mohon advis pls

  11. Firman Syah says:

    kok saya udah sebulan setengah belum jadi2 ya .. huh…!!

  12. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    yang belum jadi apanya mas Firman? BPKB Baru nya apa proses Mutasinya?

  13. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    maaf Mbak, berkas masuk ke samsatnya? kalau pencabutan berkasnya kira2 yang Rp280.000 itu masih masik akal. dengan penjelasan sebagai uang pemeliharaan berkas. tapi kalau 768.000 itu perlu dipertanyakan. saran saya, coba anda minta kuitansi resmi pembayaran.

  14. Anonymous says:

    Pak mau nanya nih,
    misal saya mau balik nama dari luar Semarang ke Semarang prosedurnya bagaimana ya?..
    Terimakasih sebelumnya.

    BR,
    Puji

  15. Mualim Suryanto says:

    Pak maaf mau tanya,saya baru beli mobil bekas, setelah di cek ternyata mesin sudah pernah mengalami ketok ulang akibat pernah di LAS sehingga nomor mesinnya tidak identik lagi dengan nomor yang sudah pernah di daftarkan di SAMSAT bagaimana pak apakah itu bermasalah baik secara legalitas maupun nanti pada saat balik nama, karena menurut penjualnya mesinnya pernah retak dan di las di bengkel resminya…

    trims

  16. CARSFIXS says:

    gampang. tinggal di balik aja prosedurnya.
    misal anda dari kota A mau masuk ke semarang. berarti anda perlu melakukan cabut berkas dari samsat kota A kemudian berkas dimasukkan ke Semarang (ada 3 kantor samsat, pilih yang paling dekat dengan rumah anda). prosedur cabut berkas sama: cek fisik, bayar jasa raharja) kemudian daftarkan kendaraan anda di samsat tujuan (Semarang). prosesnya kira2 3 minggu.

  17. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    saat proses balik nama atau perpanjangan 5 tahunan, datang saja ke samsat minta prosedur pengesahan ulang nomor mesin. saat cek fisik (kendaraan harus memenuhi syarat (syarat keamanan dan keselamatan), no rangka cocok dng stnk, dan no mesin yang sebagian hilang dibuatkan berita acara, sehingga bisa digunakan.

  18. solidid says:

    Mas, sepeda motor saya telat pajak selama 5 tahun. Saya ingin cabut berkas dari Semarang ke Surabaya. Prosedurnya gmn ya? Apa saya harus bayar pajak yang telat 5 tahun itu dulu baru bisa melakukan proses cabut berkas atau saya lakukan proses cabut berkas dulu trus pajaknya saya bayarkan nanti setelah bpkb sama stnk jd atas nama saya di Surabaya nanti mas?

  19. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    yang perlu menjadi perhatian adalah semarang dan surabaya, merupakan 2 daerah yang berbeda administrasi. penyelesaian pajak, dilakukan di masing-masing wilayah. jadi, anda akan dikenakan denda dan diminta untuk melunasi hutang pajak + jasa raharja anda di samsat semarang, setelah itu, cabut berkas. saat masuk surabaya, anda hanya membayar pajak 1th (tahun terhitung masuk surabaya), BBNKB, Cek Fisik, jasa raharja, dan pajak masukan.

  20. solidid says:

    Kalau misalnya masih dalam satu wilayah administrasi, apa harus bayar pajak terhutangnya dulu juga mas? Kalau cabut berkas masih dalam satu wilayah administrasi berapa biayanya mas?

  21. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    wilayah administrasi yang dimaksud adalah 1 kabupaten (karena sudah otonomi daerah). Jadi kalau masih 1 wilayah administrasi/ 1 kabupaten-Kota/ kabupaten-Kotanya sama, berarti tidak perlu cabut berkas (tidak perlu mutasi) yang penting anda punya KTP daerah setempat (daerah asal kendaraan) jika ingin melakukan proses balik nama.

    kalau permasalahannya telat dalam pembayaran pajaknya, jadi anda tetap harus membayar denda + pajak terhutang + jasa raharja terhutang.

    untuk besar biaya administrasim tergantung kebijakan daerah masing-masing (saya sarankan untuk meminta kuitansi resmi ( ber cap instansi) di setiap pembayaran administrasi.

    untuk di kota2 besar seperti di jogja, pembayaran langsung ke bank daerah, jadi ada loket tersendiri.

  22. Susilo says:

    Pak Mohon infonya, kalo mau cabut berkas untuk kendaraan R4 yg alamat di STNK&BPKB nya di wilayah Semarang selatan (No. Pol H xxx KG) sebaiknya ke Samsat mana, kalo nggak salah Semrang ada 3 kantor Samsat. Tks.

  23. Mobil Bekas Harga Wajar says:

    kalau tidak salah di sudut kiri atas ada keterangan "SAMSAT KOTA … SEMARANG", tapi misalkan tidak ada, berarti kemungkinan ada di Samsat daerah Srondol pak kalau alamat pemilik ada di semarang selatan.

  24. sudira says:

    gan, bisa bantu untuk pengurusa perpanjangan pajak tahunan nya stnk saya untuk daerah semarang,sedangkan saya tinggal nya di bali? mobil saya tahun 2002

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>