BARANG ROSOKAN???

Tidak ada salahnya anda meluangkan waktu pagi anda ke tempat penjualan besi tua, atau yang sering kita kenal dengan sebutan “rosok besi”. Sembari anda berkeliling-keliling untuk mencari buruan anda, anggap saja anda sedang berwisata sejarah. Di sana anda akan menemukan barang-barang yang kemungkinan usianya melebihi usia anda. berikut adalah tips bagaimana anda bisa menikmati “wisata sejarah” tersebut.

1. Sebelum anda pergi ke tempat tersebut, anda harus menetapkan tujuan anda datang kesana. Jika anda hanya iseng saja, saya sarankan untuk cukup membawa handphone dan uang parkir saja. namun jika anda berniat untuk membeli suatu barang, sediakan uang secukupnya, supaya anda nanti tidak boros, karena berbelanja itu menyenangkan.

2. Anda juga harus menghafal bentuk dan ciri-ciri barang yang akan anda beli, jangan sampai nanti keliru (salah ukuran, salah beli, dll). oleh sebab itu. saya sarankan anda untuk membawa handphone yang memiliki fasilitas menyimpan foto, sehingga anda bisa memilih barang tanpa takut salah beli.

3. Setelah anda menemukan barang yang anda cari, usahakan untuk tidak langsung merasa tertarik. Cobalah untuk melihat-lihat barang yang ada disekelilingnya dulu. Kalau penjual menanyakan maksud kedatangan anda, jawab saja kalau anda sedang mencari sesuatu (namun jangan barang yang anda maksudkan). Kemudian sembari anda bercerita, iseng-iseng anda tanya barang buruan anda tersebut. Yahh… siapa tahu pemilik tidak membutuhkannya dan anda bisa membelinya dengan harga murah, kan lumayan tuh…

4. Namun sebelum anda membelinya di tempat rosok, usahakan anda melakukan survei harga terlebih dahulu di toko-toko yang menjual barang tersebut. Dengan demikian, anda lebih leluasa untuk menawar, karena anda sudah memiliki referensi harga.

5. Jika anda kebetulan lagi iseng berwisata ke tempat tersebut kemudian tertarik pada sebuah barang, anda bisa meminta no HP penjual barang tersebut (HP digunakan sebagai kontak person). setelah anda meninggalkan no HP, kemungkinan setelah anda pulang dari tempat itu, anda akan langsung dihubungi dan ditawari barang yang beraneka ragam. (Misalkan anda mencari Velg bekas, secara otomatis penjual akan menawarkan velg dari berbagai merk dan ukuran).

6. Jangan menampakkan wajah seperti orang yang sedang membutuhkan barang. Sebaiknya anda biasa saja dalam melakukan tawar menawar, namun juga jangan keliwat cuek, bisa-bisa si penjual malah enggan dibeli barangnya. Dengan demikian anda tidak akan dikasih harga yang super mahal.

7. Setelah anda membelinya, anda bisa melakukan perjanjian kepada penjual barang. Misalkan setelah anda pakai ternyata tidak cocok, anda bisa mengembalikannya dengan potongan 10%. Dengan demikian anda juga lebih aman dalam membeli. Namun kalau penjual tidak mau dengan cara seperti itu, diindikasikan bahwa barang yang anda beli sedang dalam kondisi yang tidak baik atau mungkin barang tersebut bukan lagi menjadi barang bergerak (barang yang gampang laku).

Sekian dulu tips-tips berbelanja di tempat penjual besi tua. Kiranya tips ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.
SALAM OTOMOTIF…!!!
~DM~

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>