MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL

Seperti halnya bagian luar mobil, bagian dalam juga perlu dibersihkan secara berkala. Membersihkan interior mobil secara rutin, dapat memperpanjang masa pakai interior mobil seperti: Jok, Karpet, Dashboard, Doortrim, dll. Prinsipnya hampir sama seperti mencuci mobil, namun yang perlu diperhatikan adalah dalam menggunakan alat dan bahan untuk mencuci/ membersihkannya. Kami akan membagikan sedikit tips mengenai merawat interior mobil. berikut adalah daftar alat yang diperlukan.

1. Vacum Cleaner (Kalau tidak punya, bisa menggunakan Kuas cat dan sikat gigi bekas).
2. Kain halus dan bersih.
3. Silikon pelindung karet dan plastik.
4. Air bersih dan lap plast chamos (lap karet).
5. Sabun colek (rekomendasi merk W_NG_)
6. Sikat biasa
7. Cairan Pembersih Kaca
8. Semprotan Pengharum Ruangan

Berikut adalah langkah-langkah pembersihan dan perawatan.

1. Keluarkan karpet mobil beserta sampah-sampah yang tertinggal di dalam (kalau ada), juga karpet bagian bagasi (kalau ada).

2. Cuci karpet tersebut menggunakan sabun colek yang sudah disediakan, kemudian tunggu sampai kering. selagi menunggu kering, anda bisa melakukan langkan ke-3.

3. Terlebih dahulu bersihkan debu-debu dan kotoran yang menempel pada Jok, Dashboard, dan atap mobil menggunakan vacuum cleaner (untuk menghisap debu), Sikat gigi (untuk noda membandel, gunakan sedikit sabun colek untuk membersihkannya), Kuas untuk membersihkan saluran AC dan tempat-tempat lain yang susah dijangkau dengan sikat gigi maupun vacuum cleaner).

4. Setelah semua bersih, bersihkan sisa-sisa debu yang mungkin masih menempel pada Jok (kalau terbuat dari kulit), dashboard, atap, kaca dan jendela bagian dalam menggunakan Lap Karet basah (Namun jangan terlalu basah, yang penting cukup untuk mengangkat sisa debu yang menempel).

5. Setelah mobil anda terbebas dari debu, langkah terakhir adalah menyemprotkan silikon cair (berfugsi untuk melindungi interior dari panas dan debu) ke bagian yang kedap air (dashboard,  kotak hand brake, dan bagian lain yang terbuat dari plastik/ atom). Setelah itu, seka dengan kain halus kering sampai silikon merata ke seluruh bagian.

6. Untuk kaca sebelah dalam, anda bisa menggunakan pembersih kaca yang dijual di pasaran, namun anda harus mengelapnya sampai bersih, jika tidak, nanti malah akan meninggalkan noda di kaca anda.

7. Karpet yang sudah anda cuci dan anda jemur tadi, tentunya sudah kering, Sekarang saatnya untuk mengembalikannya ke posisi semula, setelah itu semprot mobil dengan pengharum ruangan dan tutup rapat-rapat supaya aroma tidak keluar.

Interior mobil anda sekerang sudah bersih dan segar. Perawatan seperti ini biasanya dilakukan rutin setiap bulan, agar Interior mobil anda tetap terjaga dan terlindungi. Semoga tips-tips dari kami bermanfaat bagi pembaca sekalian.
SALAM OTOMOTIF..!
~DM~

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>