MENCUCI MOBIL

Seperti manusia, mobil juga perlu dirawat. Merawat mobil perlu ketelatenan, jika tidak mobil akan cepat usang. Saya akan membagikan tips mencuci mobil ala salon mobil. Tentunya dengan biaya yang lebih hemat dengan kualitas tidak kalah dengan salon mobil lainnya. Berikut langkah-langkahnya.

1. Parkirlah mobil di tempat yang teduh, sedikit lebih luas, dan memiliki sanitasi yang baik. Anda dapat melakukannya di garasi anda, jika garasi anda cukup luas dan terang. Sebelum dicuci, bersihkan dahulu bagian dalam mobil.

2. Pertama kali, bersihkan dulu kaki-kakinya. Seperti layaknya anak kecil yang sering main di tempat terbuka, tentu kaki-kaki adalah bagian yang mudah kotor. pada bagian ini, anda cukup menggunakan sabun colek yang berada di pasaran. Untuk bagian dalam (sparkboard), gunakan kaos kaki bekas untuk mengusapnya, tentunya sambil di siram air supaya lebih mudah bersih. Sikatlah ban di bagian luar dan dalam, jika anda ingin hasilnya lebih memuaskan, gunakan dongkrak untuk mengangkat ban anda, sehingga seluruh bagian dapat bersih.

3. Setelah kaki-kaki dan bagian bawah bersih, semprot seluruh bagian mobil dari atas ke bawah. Hal ini dimaksudkan agar kotoran menjadi lunak terkena air. Anda tidak disarankan menyemprot mobil sebelum kaki-kakinya bersih, karena bagian kaki-kaki umumnya lebih lama pengerjaannya. Jika anda membasahi mobil anda dahulu, bisa-bisa, bagian atas malah berkerak.

4. Setelah semua bagian mobil basah, mulailah mengoleskan shampo cuci mobil yang digunakan di pasaran ke badan mobil (tapi satu sisi saja, misal sisi sebelah kiri). Setelah semua penuh busa shampoo, segera semprot dengan air sembari mengelapnya dengan kaos kaki yang bersih. (di sini saya menggunakan kaos kaki karena serat kainnya halus dan mudah pemakaiannya). Setelah sisi bagian kiri semua bersih dan harum, lanjutkan ke sisi2 yang lain. Bagian atap tidak perlu diberi air sabun, cukup di lap dengan kain bersih sembari disemprot. Hal ini dilakukan karena jika menggunakan sabun, ditakutkan air sabun akan mengotori dinding mobil.
5. Bagian kaca mobil bisa anda bersihkan dengan menggunakan pasta gigi. saya menyarankan anda menggunakan pasta gigi untuk kaca bagian depan karena matrial kaca hampir serupa dengan gigi dan bahan keramik lainnya. Untuk menghilangkan plak yang menempel di kaca mobil akibat kehujanan, debu, panas, dll. Plak tersebut biasa kita kenal dengan JAMUR KACA.

6. Setelah semua bagian bersih dan wangi, anda bisa mengeringkannya dengan 1 ember air bersih dan lap karet (plas chamos) yang dijual dipasaran. Jangan membeli plas chamos yang murahan, sebab itu dapat merusak cat karena teksturnya seperti kain biasa (tidak menyerap air). Mulailah mengelap dari atap mobil sampai seluruh bagian mobil. Jika anda melewati bagian yang bisa dibuka (pintu, kap depan, tutup tanki, dll), usahakan anda bersihkan juga bagian dalamnya.

7. Mobil sudah kering di bagian luar. Namun jangan terburu-buru memasukkannya ke garasi, karena bagian bawah mobil kemungkinan masih basah. Panaskan mesin kira-kira 10-15 menit. Atau kalau tidak, anda bisa memakainya keliling komplek rumah anda. Memanaskan mesin selain bertujuan untuk kesehatan mesin mobil itu sendiri, juga bertujuan untuk mengeringkan bagian mobil yang masih mengandung air (knalpot, mesin, dll). Setelah mobil selesai dipanaskan, mobil siap untuk dimasukkan garasi. Anda juga disarankan untuk memberi silikon kepada ban, dan permukaan mesin, dll. Hal ini dimaksudkan supaya ban lebih awet dan kelihatan bersih.

Kiranya tips-tips di atas bisa membuat anda lebih lagi menyayangi mobil anda. Menjaga lebih baik daripada mengobati. Selamat mencoba…!
SALAM OTOMOTIF…!
~DM~

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>