PEMANASAN ITU PENTING

Sebelum berolah raga, kita sebaiknya melakukan pemanasan, karena pemanasan dilakukan supaya otot-otot kita siap pakai. hal ini dilakukan untuk menghindari kram atau yang kita kenal dengan kejang otot. Begitu pula dengan mobil. mobil juga perlu warming up sebelum dipakai. ada beberapa alasan mengapa mobil perlu dipanasi sebelum dipakai.

1. Konstruksi mobil berbentuk vertikal, sehingga pelumas yang menempel di daerah cam shaft turun ke bawah, jadi pemanasan dilakukan untuk memompa pelumas supaya naik melumasi cam shaft.

2. Mengisi kembali accumulator (aki). Dalam keadaan diam, jika sebuah aki terhubung dengan kabel, tentunya mengalami penurunan daya, walaupun sedikit. oleh sebab itu, supaya aki tetap terisi (biar nggak usah capek2  dorong klo pas ngadat), mesin perlu dipanasi sebelum dipakai.

3. Mengecek apakah sistem pendinginan berjalan normal atau tidak. jangan sampai ketika anda di tengah jalan mengalami overheating gara-gara pendinginan kurang baik. oleh sebab itu, cek air radiator. jika kurang, isi dengan air bersih. usahakan jangan menggunakan air kran. Sebaiknya anda menggunakan air suling (air aki) untuk mengisi radiator. biar mahalan sedikit, yang penting radiator tetap bersih dan bebas kerak.

4. kalau mobil masih pakai platina, harus sering dipanasi tiap pagi, takutnya nanti platinanya ngambeg.. hehe

Dalam melakukan pemanasan, anda cukup melakukan start awal pada mesin, tanpa  menginjak pedal gas terlalu dalam. kemudian tekan gas perlahan-lahan sampai RPM 2.000 tahan kira-kira 10 detik saja. jangan sekali-sekali melakukan sentakan pada pedal gas. hal tersebut da[at membuat mesin kaget. akibatnya, busi jadi hitam karena konsumsi bahan bakar meningkat dan pembakaran tidak sempurna. biarkan mesin stasioner di Rpm 600 selama 15 menit. setelah itu matikan mesin. dan mobil siap digunakan.
Tentu anda tidak ingin kan mengalami hal seperti gambar di samping??
Sebab itu panasi mobil anda sebelum bepergian. Selamat mencoba..!!
SALAM OTOMOTIF…!!

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>