TIPS MERAWAT BAN MOBIL

Salah satu elemen terpenting dari sebuah mobil adalah Ban. Bentuk dan ukuran ban menjadi sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan. Setiap ban yang diproduksi sudah disesuaikan dengan karekteristik mobil. berikut adalah tips membeli dan merawat ban mobil anda.
1. Sesuaikan ukuran (size) ban sesuai dengan jenis dan kapasitas mobil anda.
setiap perusahaan pembuat mobil sudah mengukur dengan tepat, berapa lingkar roda yang pas untuk mobil tersebut. jangan memaksa memberi ukuran yang melebihi ketentuan. misalnya ban bawaan mobil adalah R13 kemudian anda menggantinya dengan R16. hal ini tentunya akan menambah kerja mesin anda.

2. Pilih bentuk ban sesuai medan dan kegunaan mobil tersebut
pabrikan ban umumnya memproduksi ban standar yang bisa dipakai di segala medan, namun di sisi lain, bentuknya tidak menarik. jangan pernah memasang ban dengan ukuran yang tidak semestinya karena akan mengganggu kenyamanan anda.

3. Tekanan angin juga perlu diperhatikan. jika tekanan angin kurang, maka ban akan cepat aus dan mobil terasa berat, karena gaya gesek terlalu besar.  sebaliknya jika ban terlalu keras, akan menyebabkan ban cepat rusak. biasanya pecah-pecah, karena tekanan ban yang terlalu tinggi menyebabkan karet ban molor.
Pabrik ban biasanya memberikan referensi tekanan untuk ban tersebut. misalnya 24 psi, 28 psi, dll. gunakan saja aturan yang ada di ban supaya kendaraan lebih nyaman dan penggunaan ban lebih optimal.

4. Setiap mencuci mobil, usahakan untuk menyikat ban agar ban menjadi bersih. sebab jika ban dibiarkan dalam keadaan kotor dan berkerak, kotoran tersebut akan mengganggu kekenyalan ban, sehingga ban menjadi kaku dan tidak lentur lagi. gunakann juga silikon ban yang tersedia di pasaran. gunakan silikon yang tidak hanya mengilapkan ban, tetapi juga yang melindungi ban dari panas matahari.

5. Simpanlah ban serep/ cadangan anda di tempat yang terhindar dari sinar matahari langsung (untuk jenis jeep). anda bisa juga memberi penutup ban, supaya ban terhindar dari sengatan matahari langsung yang dapat merusak karet ban. jika ban dibiarkan terbuka terus menerus, karet ban akan mati dan tidak kenyal lagi.

6.  Hindarilah kecepatan tinggi di jalan yang berlubang. selain dapat merusak velg, ban juga bisa berubah bentuk akibat tekanan ketika kita menabrak lubang. berkendaralah senyaman mungkin (bukan secepat mungkin) karena cepat atau lambat tidak terlalu jauh rentan waktunya, paling banter hanya berkisar 30 menit.

Demikian tips-tips dari kami, semoga bermanfaaf bagi anda sekalian yang membacanya. Menjaga lebih baik daripada mengibati. jika anda merawat dan menggunakan ban mobil anda dengan baik, saya yakin umurnya akan lebih panjang, tidak peduli apa merk ban itu dan berapa harganya..

selamat mencoba…! ~DM~

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>