PENTINGNYA PERAWATAN KAKI-KAKI MOBIL

Perlu kita ketahui bersama bahwa bagian penting dari mobil, tidak hanya bagian mesin saja, tetapi suspensi juga berperan penting dalam mendukung keamanan dan kenyamanan anda saat berkendara. Seperti halnya mesin, suspensi juga perlu dirawat. Jika di ibaratkan, suspensi adalah organ tubuh mobil layaknya kaki pada manusia. Suspensi juga bisa mengalami cidera seperti keseleo, patah, dll. Pada artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa manfaat penting dari perawatan suspensi pada kendaraan.

sistem keamanan mobil terdiri dari sistem pengereman, peredam getaran, dan moving sistem. Pada mobil-mobil konvensional masih menggunakan sistem mekanik, namun pada mobil-mobil modern/ canggih sudah diperlengkapi dengan sistem elektrik. Sebenarnya tidak begitu penting mengenai sistem tersebut (mekanik atau elektrik). Yang terpenting adalah sistem tersebut berjalan dengan optimal.

Untuk melaju dengan kecepatan tinggi, kita perlu mempertimbangkan suspensi yang baik, supaya mobil dapat melaju dengan aman dan nyaman. berikut ada beberapa tips untuk merawat suspensi mobil anda.

1. Jika melaju di jalan datar,
usahakan untuk membelokkan stir mobil dengan awalan/ jangan langsung di tarik (seperti saat anda kaget untuk menghindari lubang). hal ini dimaksudkan supaya tie rod mobil anda tidak kaget. Jika hal ini terus menerus dilakukan, tie rod akan kendor dan mobil kehilangan keseimbangan. Bisa kita bayangkan jika sebuah rantai yang saling berkaitan mengalami hentakan, tentunya rantai tersebut akan menjadi longgar. begitu juga dengan rongga pada tie rod.

2. Hindari untuk melewati jalan yang rusak. Jika mobil anda bukan spesialis di jalanan off road sebaiknya jangan memaksakan diri untuk melewati jalan tersebut. Pilih jalur lain yang lebih nyaman dilewati, meski jaraknya lebih jauh. lebih baik anda kehilangan uang untuk beli bensin daripada untuk servis kaki-kaki yang rusak gara-gara anda sering off road ;) . Jika anda terpaksa melewati jalan yang kurang nyaman tersebut, usahakan ban mobil anda dalam keadaan “cukup tekanan angin” dan tentunya anda harus lebih sabar untuk melewati setiap gundukan-gundukan dan lubang-lubang jalan yang ada.

3. Jangan membawa barang/ penumpang melebihi kapasitas/ daya angkut mobil anda. Hal ini dapat menyebabkan shock absorber anda melakukan kerja “rodi”. jika hal ini terus dilakukan, kemampuan shock absorber untuk meredam getaran dan menahan beban akan berkurang. akibatnya mobil akan menjadi tidak nyaman saat melewati jalanan yang tidak rata.

4. Periksakan komponen kaki-kaki anda secara berkala (misalkan 3 bulan sekali), dengan demikian, anda akan tahu dan segera dapat mengobati jika ada penyakit yang bersarang di kaki-kaki mobil anda. Jangan tunda penggantian parts (khususnya untuk mobil yang parts-nya mudah didapat di pasaran) apabila diperlukan. Seperti halnya komponen pada tubuh manusia yang saling terkait satu sama lain, komponen mobil juga memiliki keterkaitan. Jika penyakit kecil tersebut tidak segera ditanggulangi, maka komponen lain akan terganggu, akibatnya kinerja mobil menjadi tidak maksimal.

5. Usahakan untuk mengganti parts dengan parts yang asli/ minimal kw-1. Memang harga lebih mahal, namun akan jauh lebih mahal jika anda membeli parts abal-abal yang akhirnya anda akan mengeluarkan uang lagi karena parts tersebut rusak. Tidak ada salahnya anda memberikan yang terbaik untuk mobil kesayangan anda.

6. Lakukan Spooring dan Balancing secara berkala. hal ini dilakukan supaya mobil anda tetap nyaman saat dikemudikan.

7. Saat anda parkir, jangan gerakkan stir anda sebelum ban mobil anda bergerak maju/ mundur. Meski mobil anda sudah dilengkapi dengan power steering, bukan berarti anda bebas menggerakkan stir anda sesuka hati saat mobil keadaan diam.

8. Gunakan velg sesuai standar mobil. hal ini dilakukan supaya kerja kaki-kaki anda tidak berat. Insinyur yang mendesain velg mobil anda tentunya lebih mengerti tentang hukum fisika yang diterapkan. jadi jangan coba-coba untuk membuat ukuran sendiri kalau tidak ingin mobil anda bermasalah.
Anda bisa menggunakan velg racing dengan ukuran yang sama. Hal ini akan menguntungkan anda karena selain tampilan mobil anda menjadi lebih menarik, velg racing memiliki bobot yang lebih ringan dari velg standar. dengan demikian kinerja mobil bisa lebih maksimal.

Tingkat kerusakan kaki-kaki mobil banyak sekali disebabkan karena kesalahan prosedur perawatan dan penggunaan mobil, oleh sebab itu, masi kita rawat mobil kesayangan kita sejak dini.

Salam otomotif ;)
~DM~

This entry was posted in TIPS AND TRICKS. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>