Onderdil Paling Gampang Rusak Usai Banjir

Banyak kerusakan terjadi setelah banjir pada bulan lalu. Berdasarkan penelusuran KompasOtomotif di sentra onderdil, khususnya  ITC Fatmawati, Jakarta Selatan dan beberapa bengkel, kompone mobil yang paling banya harus diganti seperti berikut.

1. Laher (bearing) atau bantalan. Khususnya yang berada di roda, puli AC dan tensioner. Karena posisinya rendah, sering terendam air. Setelah kering, timbul karat dengan tanda-tanda bunyi mendengung.

2. Motor starter. Karena rendah, juga jadi gampang rusak. Bagian yang terserang, gulungan (kotor) dan bendix. Kalau  kerusakannya tidak terlalu parah masih bisa diperbiki. Bila tidak harus diganti baru.

3. Karpet dek. Selain meninggalkan bau tidak sedap dan sulit dihilangkan, bentuknya juga mengerut.

4. Komputer mesin atau  Engine Control Unit (ECU). Khusus bagi pengguna Toyota Avanza generasi pertama (2003 – 2011). Komputer mesin di tempatkan di  dek penumpang depan.

5. Kopling.  Umumnya kerusakan karena bantalan (bearing) berkarat.

6. Kampas rem. Pasalnya karena sering teredam. Apalagi bila mobil sering berada di pinggir jalan. Kondisi kampas antara roda di sisi kanan dan kiri bisa saja berbeda.

This entry was posted in AKSESORIS MOBIL. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>